Quasimodo Geniti


Quasi modo geniti infates, begitulah asal nama minggu ini. Kata kata itu berarti bayi yang baru lahir. Ini tertulis di 1 Petrus 2: 2. Jangan tanya bagaimana saya mengetahuinya, yah begitulah… Minggu ini adalah minggu pertama setelah Paskah. Kalau dilihat dari sisi kalender gerejawi yang berlaku, minggu ini tidak termasuk lagi dalam rangkaian Minggu Paskah, itu yang saya baca yah.

Sekarang, kenapa harus ada minggu ini? Menurut saya, secara pribadi nih, kita kan udah merayakan Paskah. Kemenangan kita di atas kematian. Jadi, dengan menangnya kita, janganlah kita mendatangi dosa lagi. Harusnya kita semakin mendekati Tuhan dan menjauhi larangannya. Memang tidak mungkin kita tidak berdosa, namun sebisa mungkin hindarilah. Dosa itu ga selamanya ga bisa dihindari.

Gimana cara kita menghindari dosa? Nah, buah buah roh kan ada, kita ikuti saja itu. Salah satunya, kan ditulis, Penguasaan diri. Dengan cara itu kan kita bisa mengendalikan diri sendiri dan menghindari dosa. Juga kan di dalamnya ada kasih. Marilah kita senantiasa memberikan kasih kepada semua orang.

Terus apa hubungannya dengan quasi modo geniti infantes? Seperti yang tertulis di 1 Petrus 2: 2, kita maunya menjadi seperti bayi yang baru lahir. Bayi yang baru lahir ga bisa makan sesukanya kan? Dia harus menerima sesuatu yang murni. Yang datang dari ibunya sendiri. Sesuatu yang baik dan tidak cemar. Jadi marilah kita menghendaki yang baik pada diri kita, menjauhi yang jahat.

Selamat hari Minggu!

PS. Nulis ini perlu perjuangan juga, karena aku lakuin sambil ibadah.

Posted with WordPress for BlackBerry.

Advertisements

Author: Aditya Yedija Situmeang

Developer, Lover, Christian, Omnomnomnivore, Gamer.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s