XML (2)


Setelah lama ga posting, akhirnya saya kembali! πŸ˜€

Ternyata oh ternyata, ada yang lain dengan XML. Ternyata format untuk XML bisa ditentukan. Jadi stuktur datanya jelas. Nah, gimana caranya? Itulah makanya ada DTD dan XML Schema.

Kemarin aku dikasi software Altova XMLSpy sama dosen aku untuk praktikum. Nah software itu membantu sekali untuk membuat XML Schema dan DTD karena memang ada fitur auto generatenya. Tapi sebaiknya jangan pakai itu dulu.

DTD dan XML Schema itu memang digunakan untuk menetapkan apa isi file XML seharusnya. Tapi keduanya berbeda di sintaks dan penggunaan.

DTD itu memang mendefinisikan, namun ga pakai tipe untuk tiap variabelnya. Misalkan aja untuk DTD kita ga nentuin apakah itu string, integer atau yang lain.

Berbeda dengan DTD, xml schema masih sedikit dipakai dan sintaksnya juga lain sekali. Xml schema jelas tampak mampu mendefinisikan tipe variabel untuk file xml. Jadi semakin nampak xml itu sebagai struktur data.

Okay, demikian dlu untuk sekarang. Semoga berguna. Kalau untuk syntax dan lainnya, saya rasa saya tidak perlu menuliskan di sini karena sudah cukup lengkap diberikan w3school. πŸ™‚

have a nice day… See ya!

Advertisements

Author: Aditya Yedija Situmeang

Developer, Lover, Christian, Omnomnomnivore, Gamer.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s