Masalah Micro SD pada Nokia C1-01


Ini terjadi beberapa hari yang lalu. Selasa malam tepatnya. Nah, saya waktu itu aku kebosanan. Bosan sebosan bosannya. Suntuk dan merasa pengen hiburan. Nah yang ada adalah bbku lupa dicharge dan chargernya tinggal di lab. Hasilnya, aku pun jadi berpikir untuk memakai micro sd card dari bb ke nokia biar bisa dengar lagu dan lainnya.

Nah, ketika aku pindahin micro sdnya, yah baik baik aja di nokia. Awalnya hp saya melakukan sinkronisasi media dengan kartu micro sd. Sinkronisasinya memang dilakukan lama kali. Sampai bosan jadinya. Nah setelah sinkronisasinya selesai, aku dengarkan musik dan mengusir kebosanan. Kebetulan ada fitur untuk liat gambar pakai timeline di nokia c1-01, yah aku juga pengen coba. Hasilnya adalah, aku terkejut karena micro sd card aku jadi kosong.

Banyangin! Aku galau semalaman karena itu. Apalagi ada tugas yang harus dikerjakan. Aku pun panik dan aku masukin langsung ke bb. Yah, bb harus format lagi dan semua dataku hilang. (āŒ£_āŒ£) Gimana nih bisa seperti ini semua? Aku pakai recovery software gratisan dari internet. Yah hasilnya data balik sebagian besar. Untunglah.

Yang aku saranin dari pengalaman ini, sebaiknya siapkan software untuk recovery. Misalnya aja Recuva. Itu cukup bagus untuk recover file. Kalau mau berbayar, yah pilih aja TuneUp Utilities. Lalu, kalau memang sudah terjadi seperti itu, masukkan dulu micro sd ke komputer. Setidaknya beberapa data yang tersisa bisa diangkut untuk meringankan kerugian. Nah yang utama adalah, selalu backup data Anda. Lakukanlah backup rutin untuk menjaga intergiratas data Anda.

By the way untuk download recuva, silakan browse ke http://www.piriform.com/recuva/download juga untuk recovery, silakan recovery menggunakan komputer.

Okay, good Sunday to all! Happy Sunday! Be ready for Monday. šŸ˜€

Advertisements

Author: Aditya Yedija Situmeang

Developer, Lover, Christian, Omnomnomnivore, Gamer.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s